Postingan

Neti Suriana, Sosok Multi Talenta, Lulusan Pertanian, Pekerja Sosial dan Penulis Buku Populer.

Gambar
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Hai Gengs,  kali ini kita kepoin blogger cantik sekaligus penulis beberapa buku populer bernuansa islami yuk.  Wanita cantik pemilik nama lengkap Neti Suriana ini juga dikenal dengan nama pena Aura Husna.  Lahir di daerah Baturijal tanggal 25 Januari 1984 sekarang tinggal Indragiri Hulu,  Riau.  Neti kecil menempuh pendidikan dasar di SDN 013 Semelinang Darat melanjutkan ke SLTPN 2 Peranap lalu ke SMUN 1 Peranap.  Gelar Sarjana Pertanian diperolehnya dari salah satu universitas bergengsi di negeri ini,  Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Gajah Mada. 
Pemilik website https://www.netisuriana.com/ ini sekarang bekerja sebagai pendamping sosial PKH. Buat kamu yang belum tau apa itu PKH,  kita kulik sedikit disini ya. 

PKH itu adalah singkatan dari Program Keluarga Harapan,  merupakan salah satu program bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada keluarga kurang mampu yang telah ditetapkan sebagai penerima manfaat. Dan s…

Diska Widya, Penulis Novel "Tentang Rindu" dengan segudang prestasinya.

Gambar
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Hai Gengs, sudah baca novel "Tentang Rindu"? Baru dari covernya aja udah bikin baper kan??  Apalagi judulnya syahdu banget kan ya. Ternyata novel ini ditulis oleh seorang gadis cantik dengan segudang prestasi asal Bengkulu. Sekarang kita kenalan yuk.
Namanya Diska Widya Astuti, lahir di Desa Balam tanggal empat belas maret dua puluh satu tahun silam. Dara cantik yang kerap disapa Diska ini adalah lulusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pendidikan Sekolah Dasar di tempuhnya di SD Negeri 17 Lais Bengkulu, pendidikan menengah pertama di SMP Negeri 2 Padang Jaya dan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Padang Jaya.
Berbagai prestasi gemilang telah dicapai gadis cantik asal Bengkulu Utara ini.  Tahun 2017, Diska berhasil menyabet gelar spektakuler  Puteri Maritim Persahabatan provinsi bengkulu.
Tahun berikutnya di 2018, dara manis bersuara merdu ini juga dinobatkan sebagai puteri …

Kenalan yuk sama Bahaya Pangan disekitar Kita

Gambar
Hai gengs,  hari ini saya ditodong buat presentasi materi tentang keamanan pangan didepan para emak kece yang jelas-jelas jauh lebih pinter... Haaa... Kebayang nggak sih rasanya? Nggak usah dibayangin lah yaaa... Dijalanin aja...  Maaf ya emak2 kece..  Bukan menggurui... Tapi situasi dan kondisilah yang menginginkan demikian,  jhiahhh.


Sebagai salah satu kader yang pernah diberi suntikan pengetahuan dari BPOM, salah satu tugas negara saya adalah menyampaikan materi ini.  Materi dibuka dengan statement spektakuler dari  Rome Declaration on World Food Security 2006 yang menyatakan bahwa "Hak untuk memperoleh pangan yang aman dan bergizi adalah sama tingkatannya dengan hak bebas dari kelaparan".


Tentang keamanan pangan, para emak kece sedunia ini pastinya jauh lebih paham dari saya. Sebab sebagai emak-emak yang piawai mengelola masalah makanan dirumah,  mereka tentunya sudah memastikan bahwa pangan yang mereka sajikan untuk yang tercinta aman dari bahaya.  Tapi sebagai pencera…

Pernah Sekolah di SMP Negeri Sulau??? Yuk, gabung kita di sini !!!

Gambar
Hai Gengs, euforia lebaran udah kelar kan ya...walo begitu tetep aja minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin. Buat kita alumni almamater merah hati SMPN Sulau yang tercinta dimana pun berada semoga silaturahmi tetap tetap terjaga, indah sampai ke surga. Amin.


Kamu yang kemaren mudik ke Sulau dari tanah rantau, ato kita-kita yang tiap hari nungguin desa syahdu miniatur Indonesia ini, pastinya udah ketemu dong ya sama almamater SMP Negeri Sulau (saya sebut begini aja sebab namanya banyak banget, hampir beda disetiap angkatan..hihi...). Gimana ada banyak perubahan kah? Dari waktu kamu menjadi bagiannya dimasa putih biru? Boleh dong ya corat-coret kenangan dikolom komentar. Bernostalgia barang sejenak membagi cerita pada dunia bahwa nama kita pernah menjadi bagian dari sejarah almamater yang tercinta...jhiahhh.

Pertama kenalin dulu nama saya sama persis ama nama akun ini. Kebetulan sekarang kebagian tugas jaga gawang nungguin desa Sulau dan SMP kita yang tercinta ini. Doain mo…

KISAH YANG TAK USAI

Gambar
www.erlinaindrawathie.com/ Februari 2019/

KISAH YANG TAK USAI

Oleh Erlina Indrawati



“Cling”. Nada pesan masuk di handphone Anin berbunyi. Dengan malas Ia meraihnya. Ia tekan tombol baca. Sebuah pesan muncul dilayarnya. “Belum bobo?...” Pertanyaan singkat yang menggelitik. Mata Anin mengerjap. Diliriknya jam digital di sudut kanan bawah layar laptopnya. Pukul satu kurang delapan menit. Sudah lewat tengah malam. Ia sedikit heran , siapa yang kurang kerjaan bertanya hal seperti itu di waktu begini. Matanya kembali menatap layar handphone. Ia penasaran ingin tahu. 
“Klik”. Sebuah nama tertera. “Ahhh…Dia”. Anin menghela nafas. Tiba- tiba ruangan tempatnya bekerja terasa pengap. Ditekannya tombol shutdown pada layar laptopnya. Anin beranjak keluar, membuka pintu depan dan duduk di bangku teras. Dihirupnya udara malam dalam- dalam. Hawa sejuk seketika memenuhi rongga kepalanya. Malam yang terang. Rembulan tersenyum ceria bercengkrama dengan barisan bintang- bintang yang membuat langit begitu i…

Nostalgia Angkot Hijau

Gambar
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Hai gengs,  para penghuni jaman milenial,  udah ngapain aja kamu awal tahun ini? Melakukan aktivitas seperti biasa?  Atau ada yang luar biasa? Apapun itu pastinya tahun berjalan tanpa menunggu rencana kita. Berkenaan dengan jaman milenial dan kekinian,  pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita sekaligus bernostalgia tentang aktivitas dan rutinitas yang pernah saya lakukan pada masa dulu,  sebelum polesan modernisasi dan lonjakan teknologi milenium kental menyapa hari-hari.
Dua puluh tahu silam saya dapat kesempatan belajar di salah satu universitas ternama di provinsi Bengkulu.  Jarak dari rumah ke kampus yang terletak di ibukota provinsi lumayan jauh, kurang lebih 200 km yang tidak mungkin ditempuh pergi dan pulang setiap hari.  Jadi saya kost di salah satu pondokan di dekat kampus. 
Kegiatan pergi dan pulang dari rumah ke pondokan tempat kost biasanya saya lakukan enam bulan sekali dengan kendaraan umum.  Angkutan travel yang waktu it…

Sekuntum Cinta Buat Kiara

Gambar
erlinaindrawathie.com.@HakCiptaDilindungiUndang-undang

"Mak, hari ini hampir semua orang update status tuh, mengumumkan nilai anak-anaknya. Ada yang juara satu, ada yang dapet nilai tertinggi, ada yang wisuda cum laude, Emak nggak ikutan juga?" 
Begitu tanya anakku Kiara selepas mengganti seragam sekolahnya seusai menerima raport siang ini. Yah hari ini sabtu tanggal dua puluh dua desember duaribu delapan belas, para siswa SD,SMP hingga SMA ditempatku  memang menerima laporan penilaian hasil belajar semester ganjil. Kebetulan si teteh juga baru menerima raport akhir semesternya. 
Diletakkannnya raport biru dongkernya di atas meja didepanku. Sekilas aku memang sudah tau hasil perolehannya semester ini, meskipun aku belum tahu detilnya. 
"Emang kenapa? Teteh mau, nilai raportnya Emak screenshoot trus dijadiin status di medsos?" tanyaku sambil membuka lembaran-lembaran raport cantik itu. 
"Sekali-kali bolehlah." Katanya santai. Ia duduk dikursi makan. Merai…